FOTO: Gerhana Bulan Merah Darah di Berbagai Belahan Bumi

gerhana bulan merah darah
Sumber :
  • REUTERS/Edgard Garrido
VIVAnews - Kemarin, terjadi gerhana bulan yang indah. Saat gerhana terjadi, sebagian wilayah di belahan dunia dapat menyaksikan rona bulan yang unik, merah merona. Masyarakat menyebutnya, blood moon, atau bulan merah darah. 
Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Beberapa warga yang menyaksikan pemandangan menarik itu pun langsung mengabadikan peristiwa alam itu. Misalnya di Buenos Aires, Argentina, fotografer mengabadikan perjalanan awal gerhana hingga menuju gerhana yang merah merona.
Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Gerhana merah itu juga terlihat di negeri Samba, Brasil, yang bertetangga dengan Argentina. Di kota lain, Mexico City, Meksiko juga turut menikmati pemandangan itu. 
Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Tampilan ini disebutkan peristiwa alam normal dan terkait dengan kualitas atmosfer Bumi yang dalam kondisi bagus.  Warna merah merupakan efek hamburan cahaya Matahari oleh atmosfer Bumi.

Untuk Indonesia, wilayah yang dapat menyaksikan gerhana ini hanyalah Indonesia bagian Timur, khusunya Papua dan sekitarnya. Gerhana itu muncul di langit Papua selama kurang lebih 2 jam, mulai 14.58 hingga 18.33 WIT. 

(eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya