Fitur Antimaling, Cara Ampuh Google Cs Cegah Pencurian Ponsel

Samsung Galaxy S5
Sumber :
  • techradar.com
VIVAnews
Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat
– Perusahaan teknologi dunia dan produsen ponsel telah melangkah maju guna menekan angka pencurian ponsel pintar. Paling tidak setahun mendatang, sebagian besar ponsel pintar akan hadir dengan fitur kill-switch atau antimaling.

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Androidauthority
Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme
, Rabu 16 April 2014, melansir bahwa Google, HTC, Motorola, dan Samsung sepakat menghadirkan fitur antimaling itu setelah Juli 2015. Keputusan beberapa perusahan itu menyusul inisiatif yang sebelumnya digelorakan oleh lima operator AS, Apple, Huawei, Microsoft, dan Nokia.

Fitur kill-switch memungkinkan setiap pengguna ponsel mampu menghapus data ponsel dari jarak jauh. Fitur ini juga bisa mengunci ponsel yang dicuri, sehingga pencuri tak bisa mengakses masuk ponsel. Dengan demikian ponsel tak bisa digunakan dan tak berharga jika dijual kembali oleh sang pencuri.


Inisiatif itu muncul sebagai tanggapan atas undang-undang di berbagai negara yang mengamanatkan fitur sejenis kill-switch. Meski ide menyertakan fitur itu sempat dikritik, namun pembuat undang-undang bergeming karena mereka yakin opsi ini bisa menekan angka pencurian ponsel.


“Hanya beberapa minggu lalu, industri nirkabel mengklaim pendekatan ini tak layak dan kontraproduktif,” ujar senator negara bagian Califronia, Mark Leno. Ia tak menggubris ide yang menentang fitur antimaling tersebut.


“Tujuan utama fitur ini adalah untuk memerangi kejahatan jalanan dan pencurian dengan kekerasan yang melibatkan ponsel pintar dan tablet,” kata Leno. Penggunaan fitur diserahkan kepada pengguna ponsel, apakah akan mengaktifkan fitur itu atau tidak.


Untuk fitur antimaling semacam itu, Apple sudah mempelopori dengan menghadirkan fitur Activation Lock pada sistem operasi iOS 7. Fitur sejenis ini belum hadir pada perangkat Android.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya