Ilmuwan Temukan Cara Bikin Batu Karang Buatan dengan Listrik

Membudidayakan batu karang dari awal dengan menggunakan listrik
Sumber :
  • Daily Mail
VIVAnews
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji
- Batu karang dikenal juga sebagai 'hutan hujan' lautan. Fungsi cukup vital, meminimalisir dampak tsunami sekaligus rumah bagi makhluk laut yang ada di bumi.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Namun, ekosistemnya banyak terganggu akibat ulah manusia. Tapi kini telah muncul rencana terbaru untuk membudidayakan batu karang dari awal dengan menggunakan listrik.
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro


Salah seorang arsitek telah mendesain sebuah batu karang buatan manusia yang melibatkan medan listrik untuk menarik kalsium karbonat dari air, guna membantu pertumbuhan batu karang menjadi lebih cepat.


Desain milik Margot Krasojevic ini jika diwujudkan dapat menjadi kunci dalam menjaga garis pantai dari tsunami.


Dalam visinya, batu karang akan dibentuk dari sebuah kerangka dari penopang baja dan bola baja yang dapat bergerak. Kerangka itu didesain agar mampu menopang pertumbuhan batu karang.


Bola baja besar akan dihubungkan dengan panel surya mengapung menggunakan kabel, kegunaan panel surya ini untuk menghasilkan listrik.


Arus akan menarik partikel kalsium ke karang yang ditempelkan pada rangka baja di bawah air, sedikit demi sedikit hal ini akan menstimulasi pertumbuhan alami batu karang.


Tentu saja temuan ini sangat bermanfaat tak hanya bagi biota laut, namun juga meminimalisir dampak badai dan tsunami di daerah pesisir pantai. Hal ini karena batu karang mampu memperlambat tekanan ombak yang tiba ke pesisir pantai.


Semakin sehat dan kompleks struktur batu karang, maka semakin banyak gesekan yang terjadi dengan ombak sehingga semakin melindungi daerah pesisir pantai dari badai dan tsunami. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya