Jurus Apple dan Google Unggul di Sektor Game

Ilustrasi Google Play Store.
Sumber :
  • tested.com
VIVAnews - Persaingan antara Apple dengan Google tampaknya kian melebar. Setelah keduanya bersaing dalam aplikasi, kedua perusahaan itu akan berperang dalam bidang video game. 
Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Apple dan Google saling berlomba untuk menarik perhatian para pengembang video game, agar mau memprioritaskan karya mereka pada masing-masing pusat aplikasi, yakni di App Store atau di Google Play.
LSM Asal AS ini Diduga Ikut Campur Tangan Pemilu di Banyak Negara

Melansir Business Insider, Selasa 22 April 2014, baik Apple maupun Google berusaha meyakinkan pengembang game untuk segera merilis judul baru karya pada prioritas perangkat Android atau iOS.
2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Guna menarik pengembang, kedua perusahaan mengiming-imingi mereka dengan sebuah program, yaitu menonjolkan setiap game premium mereka pada paling depan pada pusat aplikasi Google maupun Apple. 

Cara ini dipandang sebuah terobosan yang bagus. Sebab, untuk mendapatkan game besutan pengembang itu, pengguna harus mencari dan menemukan game itu. Ini menjadi tantangan. Setidaknya tidak semua pengguna bisa mengetahui game terbaik dari pengembang.

Nah, dengan menempatkan video game pengembang di penampilan halaman utama pusat aplikasi, diperkirakan akan mendongkrak penjualan. 

Mengutip laporan Wall Street Journal, disebutkan Apple telah mencapai kesepakatan dengan promosi utama game Plant vs Zombies 2 untuk beberapa bulan sebelum game itu muncul di pusat aplikasi Android. 

Sejauh ini memang, Apple menjadi tujuan utama bagi para pengembang, dengan alasan lebih banyak mendapatkan uang dari App Store. Tapi Google tak kalah cerdik. Perusahaan mesin mencari raksasa itu memberikan kemudahan pada saat pengguna mengunduh aplikasi.

Menurut data dari App Annie, pada bulan awal tahun ini, Google Play unggul 45 persen dalam hal pengunduhan aplikasi. Pencapaian Google Play itu naik dari 35 persen dari kuartal sebelumnya. 

Sedangkan dalam hal pendapatan, App Store mampu menjungkalkan Android dengan unggul 85 persen.  (ita)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya