Email Dukungan Google untuk Samsung Melawan Apple Bocor

Ilustrasi 'perang' Samsung vs Apple
Sumber :
  • freakgeeks.com
VIVAnews -
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani
Sengketa hukum antara Apple melawan Samsung diduga melibatkan Google. Perusahaan internet raksasa dunia itu terungkap dalam sebuah email menawarkan membantu Samsung dengan membayar sebagian biaya hukum dalam perseteruan dengan Apple di pengadilan.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Diberitakan
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Wall Street Journal , Rabu 23 April 2014, dukungan Google itu diungkap Apple kemarin. Perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs itu membeberkan pernyataan pengacara Google, James Maccoun yang telah memverifikasi email dukungan Google terhadap Samsung tersebut.


Selain akan menanggung sebagian biaya, Google juga diketahui siap membantu meringankan kerugian yang diderita Samsung, jika nantinya dinyatakan bersalah.


Namun pernyataan itu tidak mengungkap rincian keuangan maupun strategi konkret kompensasi yang ditawarkan Google. Maccoun menegaskan, perjanjian antara Google dan Samsung menyebutkan Google akan menyediakan sejumlah aplikasi untuk Samsung dan menyediakan cadangan jika terjadi problem hukum.


Dalam pernyataan itu, Maccoun menyebutkan Google sepakat mempertahankan Samsung atas beberapa klaim kekayaan intelektual. Dukungan itu sebagai konsekuensi bagian dari Perjanjian Distribusi Aplikasi Mobile (MADA) antara Google dan Samsung. Perjanjian itu membolehkan Samsung menggunakan aplikasi Google dalam perangkat mereka.


Sedangkan menurut laman The Verge, Google dikatakan akan mendukung Samsung dalam dua paten yang berkaitan dengan pencarian universal. "Jadi seperti yang saya baca, pada dasarnya Google menawarkan membela Samsung untuk MADA dan membela beberapa klaim paten," kata Maccoun.


Dua jenis paten yang didukung Google agar Samsung melawan Apple yaitu paten Apple AS nomor 6847959 dan 8086604. Paten nomor akhir 959 yang masih dalam gugatan, mencakup pencarian informasi lokal dan situs pada waktu bersamaan, sedangkan paten 604 mencakup pencarian beberapa bidang informasi melalui antarmuka tunggal.


Google juga mendukung Samsung melawan paten Apple AS nomor 7761414 yang meliputi sinkronisasi latar belakang. Terkait dengan informasi itu, Samsung dan Google menolak berkomentar.


Sebagaimana diketahui terkait sengketa ini, Apple meminta ganti rugi senilai US$2,191 miliar.  Samsung pun tak mau kalah, dengan menuntut balik Apple dengan nilai US$6,9 juta. Total dalam sengketa kali ini, tercatat tujuh paten dipermasalahkan, dengan rincian dua paten milik Samsung dan sisanya milik Apple. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya