Mei, Akademi HKI Dibuka di Indonesia

VIVAnews - Dalam waktu dekat, Indonesia akan memiliki lembaga pendidikan formal di bidang hak kekayaan intelektual (HKI) pertama di Indonesia.

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?

Intellectual Property Academy (IPA) yang dikelola oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), akan dibuka pada Mei mendatang. Dengan begitu, Indonesia menjadi negara ketiga di Asia Tenggara yang mempunyai IPA di samping Malaysia dan Thailand.

Informasi itu disampaikan Andy N Sommeng, Sekretaris Tim Nasional Penanggulangan Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual, usai sosialisasi Kampanye Nasional HKI di Bandung.

Lembaga pendidikan yang berlokasi di Jakarta ini mempunyai dua program, yakni degree untuk strata sarjana (S1), pascasarjana (S2), doktor (S3), dan non-degree yang ditujukan untuk para konsultan yang bergerak di bidang HKI.

Sementara, FHUI akan menjadi koordinator akademi HKI. “Nantinya, akademi ini akan dikelola oleh pihak rektorat atau universitas. Untuk program non-degree, selain dari para dosen UI, staf pengajar juga berasal dari Ditjen HKI Departemen Hukum dan HAM dan World Intellectuall Property Organization (WIPO),” kata Andy dalam siaran persnya kepada VIVAnews, 23 April 2009.

“Kami juga akan melibatkan para ahli dari luar negeri seperti dari Jepang. Japan International Cooperation Agency (JICA) akan memberikan kontribusinya di program ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, Andy menjelaskan, secara jangka panjang, pendidikan HKI tidak hanya ada di tingkat perguruan tinggi, tetapi juga sekolah dasar hingga sekolah menengah. “

Indonesia Jadi Anggota Penuh Satgas Aksi Keuangan di FATF, Ini Tujuannya

Selain itu, saya juga meminta adanya distance learning. Artinya, proses belajar-mengajar bisa dimungkinkan secara jarak jauh. Sehingga, peserta dari Papua tidak harus datang ke Jakarta untuk belajar,” jelasnya.

Ke depan, diharapkan IPA akan segera hadir di Makasar, Medan, Surabaya, dan Bandung. Kami bekerja sama dengan lembaga pendirikan tinggi di masing-masing kota.

“Di Bandung, kami akan bekerja sama dengan Universitas Padjajaran,” kata Andy. Proses belajar IPA pertama di Indonesia akan dimulai pada tahun ajaran baru 2009 pada Agustus/ September.

Viral Pengunjung Taman Safari Buka Kaca Mobil di Area Singa, Sudah Ditegur tapi Ngeyel
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024