Layar TV LG Kini Bisa Digulung

Layar TV LG yang bisa digulung
Sumber :
  • LG Display
VIVAnews
Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
- LG menghadirkan sebuah inovasi baru dengan teknologi yang canggih. Perusahaan asal Korea Selatan ini akan meluncurkan dua produk TV yang dapat digulung, layaknya koran. Layar tersebut juga akan menjadi transparan dan tak menampilkan image apapun bila tak digunakan.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Kemarin, melansir
Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat
CNET , Jumat 11 Juli 2014, LG meluncurkan dua panel OLED (Organic Light-Emitting Diode) dengan ukuran 18 inci. Kedua produk terbaru ini memiliki tingkat resolusi high definition 1200 x 810 dengan hampir 1 juta megapixel.


Teknologi OLED ini tampak tipis. Lebih ringan daripada LCD konvesional. Layarnya dapat digulung dengan hingga berukuran 3 sentimeter tanpa mempengaruhi fungsi layar.


Menurut LG, Panel OLED transparan itu memiliki transmitansi 30 persen atau jauh lebih jelas 10 persen dari transmitansi panel LCD transparan yang sudah ada. Untuk mendukung transparan tersebut, perusahaan telah menurunkan secara signifikan jumlah kabut panel dengan menggunakan perangkat sirkuit dan komponen film ke level 2 persen.


"LG Display telah merintis pasar TV OLED dan kini (kami) memimpin generasi penerapan teknologi OLED," ujar Senior Vice President, In-Byung Kang.


Sebagaimana berita di
Daily Mail
, LG Display ini menggunakan molekul film polimida berbasis substansi tingkat tinggi sebagai backplane dari panel fleksibel. Hal itu diharapkan bisa lengkungan mudah terjadi secara maksimal. Tidak hanya itu, film polimida ini pun mengurangi ketebalan panel secara signifikan.


LG memang bukanlah yang pertama yang mendesain layar transparan dan dapat ditekuk. Ada Samsung, Nokia, dan Apple yang telah menerapkan di smartphone dan tablet selama bertahun-tahun. Namun, LG berada dalam garis terdepan soal urusan pengembangan panel mutakhir.


"Kami yakin pada 2017 kami akan berhasil mengembangkan Ultra HD dengan panel OLED fleksibel dan transparan dengan layar 60 inch, yang dimana memiliki transmitansi lebih dari 40 persen dengan radius kelengkungan 100R, sehingga menjadi pasar dislay di masa depan," ungkap In-Byung Kang. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya