Ekstrak 2 Daun Ini Mampu Turunkan Gula Darah

Ilustrasi labu kuning
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Penyakit akibat gaya hidup yang buruk seperti diabetes belakangan semakin banyak diderita siapa saja tanpa pandang usia. Bahkan jika kondisinya sudah semakin parah, si penderita akan tergantung hidupnya pada insulin untuk menurunkan kadar gula darah.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Tentu, bergantung hidup pada insulin butuh biaya yang tinggi. Berangkat dari hal ini, sejumlah mahasiswa Prodi Biologi FMIPA UNY melakukan penelitian dengan memanfaatkan daun labu kuning dan binahong.

Khasiat tanaman herbal untuk menurunkan kadar gula darah ini sudah diuji coba oleh Masna Khomsatu Roisah, Eny purwanti, Aisah Windasari, dan Irma Widyastuti. Mereka melakukan penelitian yang berjudul Penggunaan Ekstrak Daun Labu Kuning dan Daun Binahong Untuk Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Tikus Putih.

Labu kuning dengan kandungan senyawa cucurbitasinnya memiliki peluang untuk menurunkan kadar gula darah. Selain pada labu kuning, bahan alami yang kemungkinan dapat menurunkan gula darah adalah daun binahong, yakni adanya senyawa glikon.

“Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada daun binahong dan pada daun labu kuning sebagai penurun kadar gula darah serta mengetahui perbandingan kecepatan penurunan kadar gula darah antara daun binahong dan daun labu kuning,” kata Masna Khomsatu Roisah, Jumat 18 Juli 2014.

Langkah penelitiannya,  sambung Masna, yaitu membuat ekstrak daun Binahong dan ekstrak Labu Kuning. Membuat ekstrak daun labu kuning dan daun binahong dengan menghaluskannya menggunakan blender sehingga diperoleh sari-sari dari daun tersebut.

"Untuk percobaan kami menggunakan tikus putih pada penelitian ini," ujarnya.

Pemberian ramuan ekstrak pada tikus dilakukan tiap satu minggu sekali selama tiga bulan. Dan pengamatannya dilakukan setiap  seminggu sekali. Lalu mencatat hasil penurunan kadar glukosa darah yang diperoleh setelah melakukan pemberian ekstrak pada tikus tiap satu minggu sekali selama tiga bulan.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Setelah data terkumpul, data dirata-rata. Untuk menganalisis data yang dilakukan dengan uji kenormalan, analisis ragam dan uji coba dengan menggunakan bantuan program SPSS.

“Dari penelitian ini diketahui bahwa daun binahong dan daun labu kuning dapat menurunkan kadar glukosa pada tikus putih. Penurunan yang paling baik terletak pada konsentrasi yang rendah yakni 2 persen,” ucapnya.

Meski terbukti mampu menurunkan kadar gula darah pada tikus putih, namun khasiatnya belum diuji coba pada manusia.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024