Agar Tak Makin Gemuk Usai Melahirkan

VIVAnews - Kebanyakan wanita memang bisa bertambah gemuk setelah melahirkan. Kehamilan adalah salah satu risiko tinggi seorang wanita menjadi gemuk secara permanen. Namun, tak perlu khawatir karena bobot tubuh dapat kembali ke posisi semula.

Pada wanita Asia, kenaikan berat badan rata-rata adalah antara 9-12 kg selama kehamilan berlangsung. Sedangkan setelah melahirkan biasanya berat badan akan bertambah 3-6 kg. Diet saat kehamilan sangat tidak dianjurkan (gizi yang seimbang dan senam ringan disarankan). Berikut beberapa faktor yang bisa membuat Ada gemuk setelah melahirkan:

1. Berat badan Anda langsung naik pada tri semester pertama kehamilan.
Kelebihan berat badan bisa terakumulasi saat tiga bulan pertama kehamilan, yang juga bisa menyebabkan calon bayi Anda gemuk. Anda bisa berharap kenaikannya hanya berkisar 1-2kg di trisemester I, dan selanjutnya berat badan hanya akan naik 1-2 kg setiap bulannya.

Saran ahli: Lupakan tentang istilah “makan untuk dua orang”. Makan teratur tiga kali sehari, di tambah 1-2 gelas susu setiap harinya plus buah-buahan sudah cukup. Hindari camilan tidak sehat, seperti keripik, gorengan, dan lain-lain.

2. Berat badan naik melebihi yang disarankan dokter
Semakin meningkat berat badan selama hamil, semakin susah Anda menguranginya nanti.

Saran ahli: Berat badan yang dianjurkan saat hamil tergantung dari berat badan yang sebenarnya (sebelum hamil). Jika kekurangan berat badan, haruslah ditingkatkan. Sedangkan, jika sudah cukup gemuk, kenaikan berat badan tidak terlalu dianjurkan.

3. Setelah melahirkan, Anda tidak bisa mengubah kebiasaan makan saat hamil.
Ada kemungkinan ibu baru mempunyai kesulitan untuk kembali ke pola makan sebelum hamil. Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh malah bisa membuat asupan makanan Anda tidak terkontrol.
Saran ahli: Cobalah kendalikan asupan dengan cara mengurangi porsi makanan.

Kurangi Risiko Penambahan Berat Badan
Ada dua hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko pertambahan berat badan yang berlebih saat menjalani kehamilan:

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

- Beraktivitas di luar rumah setelah beberapa bulan melahirkan. Sebab, berada di luar rumah bisa mempermudah Anda mengubah kebiasaan makan Anda saat mengandung.

- Berolahraga selama mengandung. Jika Anda melakukan senam ringan secara teratur selama hamil, kenaikan berat badan Anda tidak terlalu banyak. Apalagi jika kebiasaan ini dilanjutkan setelah melahirkan, dijamin tubuh Anda akan kembali ke bentuk semula.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024