Telepon Seluler Pertama dengan Windows XP

VIVAnews - In Technology, sebuah perusahaan produsen ponsel asal China memperkenalkan mobile phone pertama yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP. xpPhone, nama ponsel tersebut dapat mengaktifkan Windows dari modus standby untuk menerima panggilan dan pesan SMS. 

Sebuah chip AMD yang dimodifikasi memperkuat ponsel yang juga berfungsi sebagai komputer saku ini. Adapun untuk masa aktif, telepon seluler tersebut memiliki baterai yang mampu bertahan selama 7 jam ketika tidak dalam modus standby. Jika menggunakan baterai yang lebih besar, masa aktifnya bisa lebih lama, yakni selama 12 jam.

Perangkat tersebut memiliki keypad slide QWERTY, harddisk sebesar 120GB, dan layar sentuh LCD berukuran 4,8 inci dengan resolusi 800x480 piksel. Berat perangkat genggam yang memiliki ketebalan 2,5 sentimeter tersebut adalah 400 gram. 

“xpPhone akan beredar di China dalam 3 bulan ke depan,” kata Brad Wu, Vice President of In Technology. “Setelah itu, kami akan memasarkannya ke seluruh dunia,” ucapnya.

Selain WiFi, GPS, dan konektivitas nirkabel generasi mendatang, xpPhone tersebut juga mendukung WiMax secara opsional. Akhir tahun ini, In Technology juga akan meluncurkan versi produk yang mendukung standar jaringan 3G khusus China yang terus dipromosikan di negeri tersebut yakni TD-SCDMA (Time Division Synchronous Code Division Multiple Access).

Sayangnya In Technology tidak mengungkapkan lebih detail tentang mikroprosesor yang digunakan, dan hanya menyebutkan AMD Super Mobile. Perusahaan asal Guangzhou tersebut juga tidak mengungkapkan bagaimana cara melakukan panggilan telepon dari Windows XP.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan
Pemain Timnas Indonesia, Marc Klok (kiri) dan Shayne Pattynama (kanan)

Timnas Indonesia U-23 Mengganas di Piala Asia, Marc Klok: Masa Depan Cerah

Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkapkan kekagumannya terhadap kesuksesan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024