Pasar Seluler

IMO Kejar 20 Persen Pasar Ponsel China

VIVAnews - Kompetisi di dalam industri ponsel kian sengit. Eksistensi ponsel-ponsel merk lokal mulai diakui dan mengancam vendor utama ponsel, terutama di segmen menengah dan bawah.

Kenyataan ini terindikasi dari temuan GfK, dalam laporan terakhirnya. Disebutkan, besar pangsa ponsel lokal kini telah menyentuh angka 50 persen. Meningkat signifikan dibandingkan tahun lalu yang baru mencapai 20 persen, dengan asumsi market size ponsel di Tanah Air kini mencapai 2,5 juta per bulannya.

“Di pasar ponsel China, kami baru menguasai 10 persennya. Dengan jajaran produk baru berdesain candy bar Qwerty, kami yakin dapat merebut 10 persen lagi hingga akhir tahun, menjadi 20 persen pangsa,” kata Sarwo Wargono, Presiden Direktur PT Koin, distributor resmi ponsel Philips dan IMO di Indonesia.

“Setidak-tidaknya, kehadiran ponsel pintar Qwerty ala IMO dapat mendongkrak penjualan hingga 50 persen,” ucapnya, di sela Peluncuran IMO G910 di Jakarta, 12 Oktober 2009.

Sepertinya, optimisme Sarwo kali ini bukan omong kosong dan tanpa alasan. Pasalnya, sebelum jajaran ponsel Qwerty IMO diluncurkan, Sarwo telah melihat peluang pasar cukup besar di depan.

“Kami membidik segmen pasar komunitas. Saya kira segmen ini belum tergarap serius oleh vendor-vendor lain, padahal mereka sangat mengagungkan produk Qwerty, apalagi segmen di level menengah ke bawah. Selama ini, baru segmen mid-end yang tergarap, sementara low-end masih kurang,” kata Sarwo.

IMO yang kini telah menelurkan sekitar 20 varian ponsel menyatakan dalam beberapa bulan ke depan akan lebih fokus pada penggodokan ponsel sejenis ponsel pintar. “Saat ini, yang sedang naik dan cepat diserap pasar adalah produk-produk Qwerty. Jadi, kami tak ingin menyia-nyiakan peluang,” ucap Sarwo.

Sampai akhir tahun, dia mengaku, masih ada dua-tiga produk bundel bersama operator. Bocorannya, ponsel tersebut akan berdesain Qwerty dan tetap menyasar segmen low-end dengan harga terjangkau.

“Saya belum bisa bilang akan bermitra dengan siapa. Nanti saja ketika diluncurkan. Hadirnya dua produk bundel baru menjadikan total ponsel yang akan kami rilis sekitar 4-5 produk hingga akhir 2009,” ucap Sarwo.

Terjebak Banjir di Dubai, Atta Halilintar Tetap Kirim Doa untuk Sulawesi Utara
Viral Aksi Pengemudi Toyota Fortuner

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas palsu ditegaskan mencoreng institusi TNI.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024